AC Rusak? Jangan Panik! 9 Tips Perawatan AC Agar Tahan Lama

ac-rusak-ini-tips-perawatan-ac

Setiap orang pasti senang apabila suhu ruangan dingin dan nyaman. Hal tersebut menjadi keinginan setiap orang dalam mendapatkan kenyamanan di dalam ruangan. AC yang berfungsi dengan baik dan tahan lama pastinya memerlukan perawatan yang tepat. Simak, beberapa tips perawatan AC agar AC Anda tetap tahan lama dan efisien :

1. Bersihkan dan Ganti Filter Udara Secara Rutin

Filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara dan mengurangi efisiensi AC. Filter yang kotor juga dapat menyebabkan kotoran dan debu menyebar ke seluruh ruangan, mempengaruhi kualitas udara. Oleh karena itu, sangat penting untuk membersihkan atau mengganti filter udara secara rutin, setidaknya setiap 1 – 3 bulan, tergantung pada penggunaan dan lingkungan sekitar.

2. Bersihkan Evaporator dan Kondensor

Kedua komponen ini sangat penting untuk fungsi AC yang efisien. Evaporator berada di unit dalam ruangan, sedangkan kondensor berada di unit luar ruangan. Membersihkan kedua komponen ini secara berkala dapat membantu menjaga efisiensi dan mencegah kerusakan. Gunakan cairan pembersih khusus AC untuk membersihkan evaporator, dan semprotkan air pada kondensor untuk menghilangkan kotoran dan debu.

3. Pastikan Saluran Drainase Tidak Tersumbat

Saluran drainase yang tersumbat dapat menyebabkan air meluap dan bocor, yang bisa merusak komponen AC dan area sekitar. Periksa dan bersihkan saluran drainase secara berkala untuk memastikan air kondensasi dapat mengalir dengan lancar.

4. Periksa dan Bersihkan Kipas

Kipas pada unit dalam dan luar ruangan harus bersih dan berfungsi dengan baik untuk menjaga aliran udara yang optimal. Bersihkan kipas secara rutin dari debu dan kotoran yang dapat mengganggu kinerjanya. Periksa apakah kipas berputar dengan lancar setelah dibersihkan. Jika terdapat ketidaknormalan seperti bunyi berisik perlu dipertimbangkan untuk segera memanggil teknisi AC professional.

5. Periksa dan Jaga Refrigeran pada Tingkat yang Tepat

Refrigeran yang rendah dapat mengurangi kemampuan AC untuk mendinginkan ruangan dan menyebabkan kerusakan pada kompresor. Jika Anda merasa AC tidak cukup dingin, periksa level refrigeran dan tambahkan jika diperlukan. Sebaiknya panggil teknisi profesional untuk menangani refrigeran.

6. Pastikan Unit Luar Ruangan Mendapat Ventilasi yang Cukup

Unit luar ruangan (kondensor) harus ditempatkan di area yang memiliki ventilasi yang baik dan bebas dari penghalang seperti tumbuhan atau dinding. Pastikan jarak minimal 2-3 kaki di sekitar unit agar udara dapat mengalir dengan bebas dan mencegah unit overheating.

7. Jaga Termostat Berfungsi dengan Baik

Termostat yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan AC bekerja lebih keras atau tidak sesuai kebutuhan. Periksa termostat secara berkala dan ganti baterainya jika perlu. Pertimbangkan untuk menggunakan termostat yang dapat diprogram untuk mengatur suhu secara otomatis sesuai dengan jadwal harian Anda.

8. Menggunakan AC dengan Bijak

Menggunakan AC dengan bijak dapat membantu memperpanjang umurnya. Beberapa tips penggunaan bijak termasuk:

  • Mengatur suhu pada level yang nyaman tetapi tidak terlalu rendah.
  • Mematikan AC ketika tidak ada orang di ruangan.
  • Menggunakan mode “fan” atau “ventilasi” untuk menghemat energi ketika pendinginan tidak diperlukan.
  • Menutup pintu dan jendela saat AC dinyalakan untuk menjaga efisiensi pendinginan.

9. Mengadakan Pemeriksaan Rutin oleh Teknisi Profesional

Pemeriksaan rutin oleh teknisi profesional dapat membantu mendeteksi dan memperbaiki masalah kecil sebelum berkembang menjadi kerusakan besar. Sebaiknya lakukan pemeriksaan tahunan untuk memastikan semua komponen AC berfungsi dengan baik.

Mencegah kerusakan serius dan menghemat biaya perbaikan di masa depan. Jika Anda tidak yakin atau tidak nyaman untuk melakukannya sendiri dalam menjaga AC dalam kondisi optimal. Kami di Hai Service siap melayani berbagai kendala kerusakan dan perawatan AC anda, klik di sini untuk booking layanan kami Kami memiliki alat dan pengetahuan yang tepat untuk melakukan pembersihan dan merawat AC denga naman dan efektif.

Scroll to Top